Makanan Ibu Hamil Untuk Bayi Sehat dalam Kandungan

Makanan ibu hamil merupakan makanan yang sehat dan baik tidak hanya bagi ibu, tetapi juga untuk bayi dalam kandungan ibu. Hal iniperlu menjadi perhatian khusus bagi ibu yang sedang hamil.

Karena bagaimana pun makanan merupakan salah satu faktor utama dan penentu dari kesehatan, baik itu kasehatan pada ibu hamil atau pun juga kesehatan bayi dalam kandungan ibu. Oleh karena itu segala asupan makanan pada ibu hamil harus dijaga sejak awal kehamilan.

Dari makanan dan asupan gizi yang baik dan seimbang pada ibu hamil nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan menjadi optimal. Dan pada akhirnya akan melahirkan generasi terbaik bangsa.

Pada masa awal kehamilan, asupan gizi pada ibu hamil akan mempengaruhi proses pembentukan dan perkembangan sel bayi dalam kandungan, organ tubuh bayi sampai pada akhirnya  membentuk tubuh bayi yang utuh.

Selain itu, selama proses kahamilan juga terjadi perubahan, baik fisik mau pun hormonal. Perubahan fisik mungkin telah banyak diketahui, salah satunya yaitu meningkatnya berat badan ibu hamil, namun perubahan sistem metabolisme pada tubuh ibu hamil  mungkin belum banyak diketahui secara luas.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil meliputi perubahan pada sistem pencernaan, kardiovaskuler (pembuluh darah dan jantung), saluran kemih, pulmonalis (paru dan pernapasan) dan lain-lain.

Dengan adanya perubahan sistem metabolisme di dalam tubuh ibu hamil, maka juga akan berdampak pada asupan gizi dari makanan ibu hamil.

Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, maka selama masa kehamilan kesehatan ibu juga menjadi sangat rentan terhadap penyakit.

Pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil memang sudah seharusnya diketahui agar kesehatan ibu dan bayi yang masih dalam kandungan tetap terjaga perkembangan dan kesehatannya.

Dengan memiliki pengetahuan selama masa kehamilan ibu dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan dan perkembangan janin serta menghindari berbagai hal yang dapat berakibat buruk pada pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Sekaligus juga mewaspadai meningkatnya angka kematian pada ibu hamil.

Akan tetapi, sebagai seorang ibu juga harus tetap mewaspadai setiap informasi yang didapat. Karena dengan  derasnya arus informasi yang ada sekarang ini, tidak semua informasi dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Misalnya seperti: Mengkonsumsi ikan itu baik untuk kesehatan ibu hamil, tetapi ibu hamil sebaiknya mencari informasi lebih lanjut. Apakah yang dimaksud adalah semua jenis ikan?

Apakah yang dimaksud ikan air laut atau air tawar?

Ataukah yang dimaksud adalah jenis ikan tertentu yang memiliki kandungan zat gizi dan protein tertentu?

Mungkin juga ada informasi yang menyebutkan bahwa makanan pada ibu hamil harus mengandung banyak protein, apakah berarti harus memperbanyak konsumsi daging?

Namun, di sisi lain daging mengandung banyak lemak dan kolesterol. Lalu bagaimana dengan konsumsi telur? Bukankah telur juga menjadi salah satu sumber kolesterol?

Hal tersebut perlu diperjelas. Ibu hamil dapat mencari informasi tambahan mengenai hal itu, atau dapat bertanya langsung pada kawan yang pernah hamil. Atau bila ingin yakin ibu hamil dapat berkonsultasi langsung pada dokter ahli.

Dan berikut ini merupakan informasi yang penting ibu hamil ketahui yakni tentang fase-fase perkembangan bayi dalam kandungan dalam rahim serta makanan yang baik dikonsumsi untuk menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan secara maksimal.

Secara umum kehamilan baru bisa diketahui setelah usia 4 minggu. Saat itu,janin dalam kandungan ibu masih berbentuk embrio.Sangat dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung folic acid.

Senyawa zat ini terdapat pada sayuran seperti kembang kol, brokoli, kol dan wortel. Serta buah-buahan seperti jeruk, alpukat, dan jambu klutuk. Folic acid juga banyak terdapat pada sereal berbahan jagung atau gandum.

Kemudian saat janin dalam kandungan berusia 3 sampai 4 bulan, janinakan terus tumbuh dan berkembang mulai membentuk anggota-anggota tubuh. Ginjal dan hati mulai berfungsi. Lalu sidik jari juga mulai terbentuk. Pada saat itu syaraf-syaraf otak mulai tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Pada usia 4bulan bayi dalam kandungansudah mulaibergerak-gerak di dalam rahim. Kondisi bayi dalam kandungan mulai tumbuh tulang yang terus berkembang dan bertambah panjang. Untuk kesehatan bayi dalam kandungan dalam kandungan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak magnesium, kalsium, vitamin D, vitamin B, dan Omega 3.

Magnesium seperti halnya kalsium, zat ini berguna sebagai zat yang menunjang pertumbuhan tulang. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa asupan magnesium yang cukup pada trimester pertama kehamilan akan mempengaruhi berat,  panjang, dan lingkar kepala pada bayi. Disamping itu, magnesium juga berperan dalam pembentukan otot-otot pada bayi dalam kandungan.

Bahan makanan yang mengandung banyak magnesium diantaranya: sayuran hijau, kacang-kacangan, melon, dan gandum. Perlu diwaspadai dan disiasati bahwa sampai kandungan berusia 4 bulan ibu hamil akan sering mengalami morning sickness dan rasa mual yang sangat.

Memasuki usia kehamilan mencapai 5 bulan, selera makan ibu hamil  biasanya sudah mulai membaik karena morning sickness sudah mereda. Akan tetapi, pada sebagian ibu hamil tetap mengalami rasa mual dan ingin muntah hingga waktu yang lebih lama.

Pada bulan ke-5 pertumbuhan bayi berkembang pesat. Bulu mata dan alis telah terbentuk sempurna, begitu juga dengan kuku jari kaki dan tangannya. Pada saat itu, makanan sehat dengan gizi seimbang tetap dibutuhkan oleh ibu hamil, tetapi perlu adanya tambahan asupan vitamin A dan kalsium.

Kalsium sangat  dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan, karena tulang bayi masih terus berkembang. Dan cikal bakal gigi juga sedang dibentuk.  Cara yang paling mudah untuk mendapatkan asupan kalsium adalah melalui susu. Ibu bisa mengkonsumsi susu khusus ibu hamil yang mengandung kalsium dan zat pendukung lainnya.

Pada saat itu, otak bayi juga sedang berkembang dengan pesat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung  omega 3 dapat  mendukung perkembangan otaknya. Beberapa jenis makanan sebagai sumber omega 3 diantaranya: ikan sardin, ikan salmon, makarel, telur, tahu, kacang kedelai, sayuran hijau, keju, susu dan wijen.

Saat memasuki bulan ke-7, semua anggota badan bayi dalam kandungan ibu telah terbentuk . Akan tetapi Ibu hamil tetap perlu  berhati-hati karena bayi dapat lahir sebelum waktunya dan akibatnya akan lahir sebagai bayi prematur.

Makanan sehat dengan kandungan gizi berimbang sangat diperlukan untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan ibu serta menjaga kesehatan ibu hamil agar tidak menurun dan tetap fit karena pada masa ini perkembangan bayi dalam kandungan ibu sangat pesat.

Dan berikut ini merupakan contoh  makanan ibu hamil yang dianjurkan, diantaranya yaitu:

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsioleh ibu hamil karena sangat berguna untuk kesehatan ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan yang dikandungnya. Telur mempunyai kandungan kalori sekitar 90 kalori dalam setiap butir telur.

Selain itu terdapat kandungan vitamin yang banyak di dalamnya, ada sekitar 12 vitamin lebih dalam telur. Selain itu, telur juga mempunyai kandungan protein, mineral dan kolin yang dapat mendorong pertumbuhan bayi.

ikan salmon

Selain rasanya yang lezat, Ikan salmon ternyata juga mengandung zat- zat pembangun yang baik bagi ibu hamil. Ikan salmon mempunyai kandungan protein yang tinggi, selain itu, ikan  salmon juga merupakan salah satu sumber omega yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan sistem syaraf pada bayi dalam kandungan selama dalam masa kehamilan.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Dan buncis merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat bagus dan memberikan banyak manfaat pada ibu hamil.

Selain kandungan protein yang tinggi pada buncis, kandungan serat yang yang baik juga dimiliki oleh buncis. Karena selama menjalani masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan pada sistem pencernaannya yaitu sistem pencernaan akan menjadi lebih lambat dari biasanya. Dan kandungan serat pada buncis dapat membatu ibu hamil mengatasi masalah gangguan pencernaan.

Ubi jalar

Tahukah ibu, bahwa ubi jalar dapat menjadi salah satu  makanan ibu hamilyang sehat? Ubi jalar yang berwarna orange mempunyai kandungan karotenoid dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata pada bayi dalam kandungan dalam kandungan ibu. Selain itu, ubi jalar mempunyai kandungan zat gizi lainnya yang sangatbermanfaat bagi kesehatan bayi dalam kandungan seperti vitamin C , serat dan folat.

Sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau memang sangat baik bagi ibu hamil. Selain karena adanya berbagai macam vitamin yang terkandung pada sayuran hijau seperti vitamin C, vitamin A dan vitamin K, sayuran hijau juga merupakan sumber senyawa kimia alami seperti folat dan zat besi. Sayuran hijau yang paling bagus adalah sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, daun singkong dan kangkung.

Daging tanpa lemak

Daging juga memiliki banyak kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil, namun jangan berlebihan ketika mengkonsumsinya. Atau ibu hamil dapat memilih daging tanpa lemak atau bagian lemaknya telah dipisahkan terlebih dahulu. Ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi daging berlemak, hanya saja perlu hati-hati dan tetap waspada karena tingginya kandungan lemak dalam tubuh ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan. Selain itu perlu diwaspadai juga bila terjadi perpindahan bakteri pada daging seperti salmonella pada bayi dalam kandungan dalam kandungan ibu.

Susu

Mengkonsumsi susu pada masa kehamilan juga sangat bagus pada ibu hamil. Selain sebagai tambahan vitamin D yang bermanfaat bagi pembentukan tulang pada bayi dalam kandungan.

Susu khusus ibu hamil biasanya juga telah diberi berbagai tambahan zat gizi yang baik bagi perkembangan bayi dalam kandungan. Selain manfaat tersebut, dengan meminum susu akan membantu ibu merasa lebih rileks dan santai sehingga memudahkannya untuk beristirahat dan tidur

Selama masa kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kuantitas dan kualitas makanan yang mempunyai asupan gizi yang baik. Karena makanan yang masuk dalam tubuh ibu, merupakan ‘bahan baku’ yang akan menentukan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Yang perlu diperhatikan adalah pemahaman bahwa dalam urusan makanan, ibu hamil harus dapat menahan diri dari makanan yang dapat membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan dalam kandungannya.

Pengetahuan tentang makanan sehat menjadi sangat penting karena ibu hamil harus memahami bahwa di awal masa kehamilan, kandungan ibu masih rawan akan terjadinya keguguran, oleh karena itu sangat penting bagiibu hamil untuk menjaga kehamilan sejak dini.

Dan satu hal lagi bahwa kesehatan ibu hamil tidak hanya menjadi tanggung jawab bagi ibu hamil sendiri, tetapi jugajuga merupakan tanggung jawab suami dan orang-orang terdekat ibu hamil. Itulah beberapa hal mengenai makanan ibu hamil.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *