Cara Mudah Menjawab Soal IELTS

Bahasa Inggris Untuk IELTS

International English Language Testing System atau IELTS merupakan ujian untuk memenuhi salah satu prasyaratan untuk mendapatkan Visa kuliah atau kerja di luar negeri. Banyak peserta ujian yang sudah mencoba mengikuti ujian tersebut berkali-kali, namun masih belum berhasil untuk mendapatkan nilai yang mereka butuhkan untuk syarat Visa mereka. Berikut tips-tips untuk mengetahui cara menjawab tes soal bahasa Inggris IELTS.

Tips Menghadapi dan Menjawab Soal IELTS

Cari tahu contoh soal. Kemampuan bahasa Inggris Intermediate atau Advance memang sangat baik, tetapi belum tentu cukup untuk meluluskan kalian dari tes IELTS. Penting bagi peserta ujian untuk mengetahui bentuk soal yang akan diuji, agar mereka siap dan tahu apa yang akan dihadapi dalam ujian tersebut.

Latihan soal contoh IELTS. Latihan tidak pernah menjadi hal yang sepele jika kita sedang berusaha untuk lulus ujian. Walau sama-sama bahasa Inggris, tetapi IELTS tetaplah berbeda dibanding soal lainnya.

Cari tahu sistem skoring band IELTS. Jika kalian menjelajahi internet, kalian akan menemukan sistem skoring IELTS baik untuk Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Ini dapat berguna, karena pada sistem skoring tersebut tertulis secara rinci apa yang dinilai serta apa yang harus dipenuhi untuk mencapai band-band level tertentu.

Bagaimana Cara Menghadapi Speaking, Reading, Writing, dan Listening?

cara mudah menjawab soal ielts

Pelajari pola-pola soal yang ada dalam Reading, Listening, Writing dan Speaking. Setiap kategori memiliki pola yang berbeda, namun jika kalian sering latihan, maka kalian akan menemukan suatu pola dalam tes soal bahasa Inggris IELTS tersebut.

Rekam suara Anda saat latihan tes Speaking. Pada tes asli, suara peserta ujian akan direkam untuk Speaking. Ada baiknya kita lakukan hal serupa, agar kita mampu menganalisa kesalahan yang kita buat, serta latihan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Selain merekam, coba simulasikan dengan teman kalian.

Pada sesi ujian reading, pelajari teknik Scheming dan Scanning. Dua teknik ini akan sangat membantu Anda dalam mencari jawaban yang diinginkan oleh soal yang diajukan tanpa harus membaca keseluruhan teks. Hal ini juga dapat menghemat waktu Anda, karena ada batas waktu dalam mengerjakan Tes IELTS.

Supaya ujian listening lancar, survey tempat-tempat yang menyediakan ujian IELTS. Beberapa tempat yang melayani Tes IELTS tidak menyediakan sound yang baik untuk testing IELTS. Selain itu, silahkan coba dengarkan musik lalu catat semua lirik yang bisa Anda tangkap. Menonton film tanpa subtitle Bahasa Indonesia juga bisa membantu meningkatkan kemampuan listening, writing, dan reading sekaligus.

Pada Tes IELTS, writing merupakan ujian yang cukup mudah untuk diatasi. Selain mempelajari sistem skoring, writing sudah memiliki struktur yang baku yaitu berisi paragraph Introduction, dua paragraph dengan Main idea, serta paragraph Conclusion. Selain itu, pemahaman terkait grammar dan sastra juga diperlukan

Jika ingin lebih pasti lagi, ikuti Preparation IELTS Test Course dimana hal-hal diatas akan diulas dalam kursus tersebut. Silahkan baca untuk mengetahui perbedaan IELTS dengan TOEFL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *